selamat datang di web magai

Cari dalaman disini

Selasa, 07 Desember 2010

Lagu Natal Bergema di Kota Jayapura

Senin, 7 Desember 2009 | 21:38 WIB

JAYAPURA, KOMPAS.com--Lagu-lagu Natal yang merdu dan penuh nostalgia bergema di Kota Jayapura dan sekitarnya sejak pekan pertama Desember dalam rangka menyongsong perayaan keagamaan umat Kristiani yakni Natal -pesta kelahiran Al Masih Yesus Kristus yang diimani sebagai Juru Selamat Dunia.

Dari Jayapura, ibukota Provinsi Papua, Senin, ANTARA melaporkan, banyak toko dan kios yang menjual Cd dan casette lagu-lagu Natal dipadati para pengunjung dari berbagai lapisan masyarakat.

Sambil mendengar lagu-lagu kerohanian umat Kristiani yang merdu itu, warga membeli casette dan CD lagu Natal dengan harga yang bervariasi dari yang paling murah seharga Rp10 ribu hingga Rp25 ribu per buah.

Masyarakat setempat, baik pemeluk Nasrani maupun umat beragama lain seperti Islam dan Hindu mulai merasakan kesemarakan perayaan Natal 2009.

Warga setempat terlihat hilir mudik berbelanja.Mereka tidak hanya membeli casette dan CD lagu-lagu Natal tetapi juga mulai berbelanja berbagai kebutuhan untuk perayaan Natal yang puncaknya jatuh pada 25-26 Desember nanti.

Anthon, Salah seorang penjual CD di kawasan Jalan Ahmad Yani, jantung Kota Jayapura ketika ditanya ANTARA mengaku kalau pada saat ini mulai dikumandangkan lagu Natal dan lagu-lagu rohani lainnya dalam rangka menyongsong perayaan Natal 2009.

Menurutnya, setiap tahun menjelang hari Natal dirinya mendapat pemasukan yang yang cukup lumayan dari hasil penjualan lagu-lagu Natal dan Rohani karena permintaan pasar meningkat.

Hal senada dikatakan Jhonny rekan seprofesi Anthon, setiap tahun selalu berupaya untuk menyediakan berbagai jenis lagu Natal dan lagu-lagu rohani terbaru untuk memenuhi keinginanan pembeli, khususnya umat Nasrani yang merayakan hari suci keagamaan tersebut.

Ketika ditanya mengenai harga sebuah CD, ia mengatakan, berkisar antara Rp10 ribu hingga Rp25 ribu.

Sedangkan untuk mendapatkan CD tersebut pihaknya memesan dari berbagai toko CD di berbagai kota di Tanah Air seperti Manado, Makasar, Jakarta, Surabaya dan kota-kota besar lainnya.

Dari tempat berbeda, Sutrisno, padagang CD di Abepura mengatakan, sejak memasuki Desember banyak sekali warga masyarakat Abepura dan sekitarnya yang datang untuk membeli berbagai macam CD lagu-lagu Natal dan Rohani.

"Setiap hari saya biasanya harus melayani pembeli yang jumlahnya puluhan orang, sampai saya harus membawa anak untuk membantu," kata Sutrisno.

Mengenai harga, Sutrisno katakan, untuk satu CD lagu Natal dijual dengan harga Rp10 ribu hingga Rp25 ribu.

Ketika disinggung soal keuntungan yang didapat dari menjual CD, Sutrisno mengaku, dalam sehari mendapat keuntungan sebesar Rp200 ribu hingga Rp300 ribu.

"Tentu keuntungan ini berbeda dengan bulan-bulan biasanya yang hanya mendapat Rp150 ribu dalam sehari," ujarnya.

Menjelang hari Natal, Kota Jayapura dan sekitarnya mulai banyak dipenuhi dengan aksesoris Natal berupa lampu hias warna-warni, pohon Natal dan boneka Santa Klaus untuk permainan atau pertunjukkan Sinterklas bagi anak-anak dan remaja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar